Lomba Khitobah


Dalam rangka Haul dan Akhirusannah Pondok Pesantren Fathul Huda yang sudah mendekati acara puncak tepatnya Sabtu, 6 April 2019. Pasalnya sudah banyak lomba yang telaksana, salah satunya lomba khitobah yang dilaksanakan pada Rabu, 6 Maret 2019. Lomba khitobah ini sudah pernah dilaksanakan ditahun-tahun sebelumnya. Namun, kali ini panitia membuat berbeda. Khitobah kali ini menggunakan bahasa Jawa.
Peserta lomba merupakan delegasi dari perwakilan kamar. Dengan dewan juri, yaitu Ibu Ny. Tri Rachmijati, S.Ag., M.Pd.. Mereka yang tampil adalah santri yang dianggap mampu untuk menyampaikan khitobah dengan bahasa Jawa. Keseluruhan peserta lomba sudah dapat tampil dengan percaya diri. Tidak banyak peserta dapat tampil dengan maksimal, namun itu sudah cukup untuk melatih mental para santri.
Para santri berpenampilan yang sesuai dengan tema yang telah ditentukan, yaitu keagamaan. Tidak banyak peserta lomba yang memberikan candaan guna menghibur para penonton.
Lomba ini diadakan guna melatih para santri untuk berbicara dalam bahasa Jawa, dimana itu adalah bahasa daerah sendiri. Lomba ini juga dapat melatih santri untuk berfikir luas megenai ilmu agama yang telah mereka peroleh. Dapat juga melatih santri untuk berpendapat dari apa yang telah disampaikan.
Kualitas yang berbeda-beda dari para peserta, membuat bingung dewan juri dalam menentukan pemenang. Namun, semua sudah dapat dibilang pemenang karena sudah berani untuk mewakili anggota kamarnya.
Semoga dengan diadakan lomba khitobah bahasa Jawa ini dapat meningkatkan kualitas santri dalam berbahasa yang baik dan benar. Terutama dalam penggunanaan bahasa Jawa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar